Rabu, 17 Oktober 2012

soal MI salah satunya tentang Ideologi Komunisme

wah sudah MI saja nih tes papk,,ini bahan bacaan buat mi,,

Komunisme adalah sebuah ideologi. Penganut paham ini berasal dari Manifest der Kommunistischen yang ditulis oleh Karl Marx dan Friedrich Engels, sebuah manifesto politik yang pertama kali diterbitkan pada 21 Februari 1848 teori mengenai komunis sebuah analisis pendekatan kepada perjuangan kelas (sejarah dan masa kini) dan ekonomi kesejahteraan yang kemudian pernah menjadi salah satu gerakan yang paling berpengaruh dalam dunia politik.

Komunisme pada awal kelahiran adalah sebuah koreksi terhadap paham kapitalisme di awal abad ke-19, dalam suasana yang menganggap bahwa kaum buruh dan pekerja tani hanyalah bagian dari produksi dan yang lebih mementingkan kesejahteraan ekonomi. Akan tetapi, dalam perkembangan selanjutnya, muncul beberapa faksi internal dalam komunisme antara penganut komunis teori dan komunis revolusioner yang masing-masing mempunyai teori dan cara perjuangan yang berbeda dalam pencapaian masyarakat sosialis untuk menuju dengan apa yang disebutnya sebagai masyarakat utopia.

IDE DASAR

Istilah komunisme sering dicampuradukkan dengan komunis internasional. Komunisme atau Marxisme adalah ideologi dasar yang umumnya digunakan oleh partai komunis di seluruh dunia. sedangkan komunis internasional merupakan racikan ideologi ini berasal dari pemikiran Lenin sehingga dapat pula disebut “Marxisme-Leninisme”.

Dalam komunisme perubahan sosial harus dimulai dari pengambil alihan alat-alat produksi melalui peran Partai Komunis. Logika secara ringkasnya, perubahan sosial dimulai dari buruh atau yang lebih dikenal dengan proletar (lihat: The Holy Family [1]), namun pengorganisasian Buruh hanya dapat berhasil dengan melalui perjuangan partai. Partai membutuhkan peran Politbiro sebagai think-tank. Dapat diringkas perubahan sosial hanya bisa berhasil jika dicetuskan oleh Politbiro.

Komunisme sebagai anti-kapitalisme menggunakan sistem partai komunis sebagai alat pengambil alihan kekuasaan dan sangat menentang kepemilikan akumulasi modal pada individu. pada prinsipnya semua adalah direpresentasikan sebagai milik rakyat dan oleh karena itu, seluruh alat-alat produksi harus dikuasai oleh negara guna kemakmuran rakyat secara merata, Komunisme memperkenalkan penggunaan sistem demokrasi keterwakilan yang dilakukan oleh elit-elit partai komunis oleh karena itu sangat membatasi langsung demokrasi pada rakyat yang bukan merupakan anggota partai komunis karenanya dalam paham komunisme tidak dikenal hak perorangan sebagaimana terdapat pada paham liberalisme.

Secara umum komunisme berlandasan pada teori Materialisme Dialektika dan Materialisme Historis oleh karenanya tidak bersandarkan pada kepercayaan mitos, takhayul dan agama dengan demikian tidak ada pemberian doktrin pada rakyatnya, dengan prinsip bahwa “agama dianggap candu” yang membuat orang berangan-angan yang membatasi rakyatnya dari pemikiran ideologi lain karena dianggap tidak rasional serta keluar dari hal yang nyata (kebenaran materi).

Komunis Internasional

Komunis internasional sebagai teori ideologi mulai diterapkan setelah meletusnya Revolusi Bolshevik di Rusia tanggal 7 November 1917. Sejak saat itu komunisme diterapkan sebagai sebuah ideologi dan disebarluaskan ke negara lain. Pada tahun 2005 negara yang masih menganut paham komunis adalah Tiongkok, Vietnam, Korea Utara, Kuba dan Laos. Komunis internasional adalah teori yang disebutkan oleh Karl Marx.

Maoisme

Ideologi komunisme di Tiongkok agak lain daripada dengan Marxisme-Leninisme yang diadopsi bekas Uni Soviet. Mao Zedong menyatukan berbagai filsafat kuno dari Tiongkok dengan Marxisme yang kemudian ia sebut sebagai Maoisme. Perbedaan mendasar dari komunisme Tiongkok dengan komunisme di negara lainnya adalah bahwa komunisme di Tiongkok lebih mementingkan peran petani daripada buruh. Ini disebabkan karena kondisi Tiongkok yang khusus di mana buruh dianggap sebagai bagian tak terpisahkan dari kapitalisme.

Indonesia dan komunisme

Indonesia pernah menjadi salah satu kekuatan besar komunisme dunia. Kelahiran PKI pada tahun 1920an adalah kelanjutan fase awal dominasi komunisme di negara tersebut, bahkan di Asia. Tokoh komunis nasional seperti Tan Malaka misalnya. Ia menjadi salah satu tokoh yang tak bisa dilupakan dalam perjuangan di berbagai negara seperti di Cina, Indonesia, Thailand, dan Filipina. Bukan seperti Vietnam yang mana perebutan kekuatan komunisme menjadi perang yang luar biasa. Di Indonesia perubuhan komunisme juga terjadi dengan insiden berdarah dan dilanjutkan dengan pembantaian yang banyak menimbulkan korban jiwa. Dan tidak berakhir disana, para tersangka pengikut komunisme juga diganjar eks-tapol oleh pemerintahan Orde Baru dan mendapatkan pembatasan dalam melakukan ikhtiar hidup mereka.

Sejarah Komunisme Di Indonesia

Komunisme di Indonesia memiliki sejarah yang kelam, kelahirannya di Indonesia tak jauh dengan hadirnya para orang-orang buangan dari Belanda ke Indonesia dan mahasiswa-mahasiswa jebolannya yang beraliran kiri. Mereka di antaranya Sneevliet, Bregsma, dan Tan Malaka (yang terahir masuk setelah SI Semarang sudah terbentuk). Alasan kaum pribumi yang mengikuti aliran tersebut dikarenakan tindakan-tindakannya yang melawan kaum kapitalis dan pemerintahan, selain itu iming-iming propaganda PKI juga menarik perhatian mereka. Gerakan Komunis di Indonesia diawali di Surabaya, yakni di dalam diskusi intern para pekerja buruh kereta api Surabaya yang dikenal dengan nama VSTP. Awalnya VSTP hanya berisikan anggota orang Eropa dan Indo Eropa. saja, namun setelah berkembangnya waktu, kaum pribumi pun ikut di dalamnya. Salah satu anggota yang menjadi besar adalah Semaoen kemudian menjadi ketua SI Semarang. Komunisme Indonesia mulai aktif di Semarang, atau sering disebut dengan Kota Merah setelah menjadi basis PKI di era tersebut. Hadirnya ISDV dan masuknya para pribumi berhaluan kiri ke dalam SI (Sarekat Islam) menjadikan komunis sebagian cabangnya karena hak otonomi yang diciptakan Pemerintah Hindia Belanda atas organisasi lepas menjadi salah satu ancaman bagi pemerintah. ISDV menjadi salah satu organisasi yang bertanggung jawab atas banyaknya pemogokan buruh di Jawa. Konflik dengan SI pusat di Yogyakarta membuat personel organisasi ini keluar dari keanggotaan SI, setelah disiplin partai atas usulan Haji Agus Salim disahkan oleh pusat SI. Namun ISDV yang berganti nama menjadi PKI semakin kuat saja dan di antara pemimpin mereka dibuang keluar Hindia Belanda. Kehancuran PKI fase awal ini bermula dengan adanya Persetujuan Prambanan yang memutuskan akan ada pemberontakan besar-besaran di seluruh Hindia Belanda. Tan Malaka yang tidak setuju karena komunisme di Indonesia kurang kuat mencoba menghentikannya. Namun para tokoh PKI tidak mau menggubris usulan itu kecuali mereka yang ada di pihak Tan Malaka. Pemberontakan itu terjadi pada tahun 1926-1927 yang berakhir dengan kehancuran PKI dengan mudah oleh pemerintah Hindia Belanda. Para tokoh PKI menganggap kegagalan itu karena Tan Malaka mencoba menghentikan pemberontakan dan memengaruhi cabang PKI untuk melakukannya.

Gerakan PKI lahir pula pada masa Perang Kemerdekaan Indonesia yang diawali oleh kedatangan Muso secara misterius dari Uni Sovyet ke Negara Republik (Saat itu masih beribu kota di Yogyakarta). Sama seperti Soekarno dan tokoh pergerakan lain, Muso berpidato dengan lantang di Yogyakarta dengan kepercayaannya yang murni komunisme. Disana ia juga mendidik calon-calon pemimpin PKI seperti D.N. Aidit. Musso dan pendukungnya kemudian menuju ke Madiun. Disana ia dikabarkan mendirikan Negara Indonesia sendiri yang berhalauan komunis. Gerakan ini didukung oleh salah satu menteri Soekarno, Amir Syarifuddin yang tidak jelas ideologinya. Divisi Siliwangi akhirnya maju dan mengakhiri pemberontakan Muso ini. Beberapa ilmuwan percaya bahwa ini adalah konflik intern antarmiliter Indonesia pada waktu itu.

Pasca Perang Kemerdekaan Indonesia tersebut PKI menyusun kekuatannya kembali. Didukung oleh Soekarno yang ingin menyatukan semua aspek masyarakat Indonesia saat itu, dimana antar ideologi menjadi musuh masing-masing, PKI menjadi salah satu kekuatan baru dalam politik Indonesia. Permusuhan itu tidak hanya terjadi di tingkat atas saja, melainkan juga di tingkat bawah dimana tingkat anarkisme banyak terjadi antara tuan tanah dan para kaum rendahan. Namun Soekarno menjurus ke kiri dan menganak-emaskan PKI. Akhirnya konflik dimana-mana terjadi. Ada suatu teori bahwa PKI dan militer yang bermusuhan akan melakukan kudeta. Yakni PKI yang mengusulkan Angkatan Perang Ke 5 (setelah AURI, ALRI, ADRI dan Kepolisian) dan isu penyergapan TNI atas Presiden Soekarno saat ulang tahun TNI. Munculah kecurigaan antara satu dengan yang lain. Akhirnya dipercaya menjadi sebuah insiden yang sering dinamakan Gerakan 30 September.

Ada kemungkinan Indonesia menjadi negara komunis andai saja PKI berhasil berkuasa di Indonesia. Namun hal tersebut tidak menjadi kenyataan setelah terjadinya kudeta dan peng-kambing hitaman komunisme sebagai dalang terjadinya insiden yang dianggap pemberontakan pada tahun 1965 yang lebih dikenal dengan Gerakan 30 September. Hal ini juga membawa kesengsaraan luar biasa bagi para warga Indonesia dan anggota keluarga yang dituduh komunis meskipun belum tentu kebenarannya. Diperkirakan antara 500.000 sampai 2 juta jiwa manusia dibunuh di Jawa dan Bali setelah peristiwa Gerakan 30 September. Hal ini merupakan halaman terhitam sejarah negara Indonesia. Para tertuduh yang tertangkap kebanyakan tidak diadili dan langsung dihukum. Setelah mereka keluar dari ruang hukuman mereka, baik di Pulau Buru atau di penjara, mereka tetap diawasi dan dibatasi ruang geraknya dengan penamaan Eks Tapol.

Semenjak jatuhnya Presiden Soeharto, aktivitas kelompok-kelompok komunis, marxis, dan haluan kiri lainnya mulai kembali aktif di lapangan politik Indonesia, walaupun belum boleh mendirikan partai karena masih dilarang oleh pemerintah.

Komunisme di Indonesia

Era pre-Perang Kemerdekaan RI

Pascaperang Perang Kemerdekaan RI

Setelah Dekrit Presiden pada 5 Juli 1959, politik luar negeri Indonesia cenderung lebih condong ke Blok Timur (Blok Komunis). Mengapa seperti itu? Karena Indonesia lebih banyak melakukan kerja sama dengan negara komunis seperti Uni Soviet, Kamboja, Vietnam, RRC, maupun Korea Utara. Berikut ini adalah langkah-langkah politik luar negeri Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin: Presiden Soekarno menyampaikan pandangan politik dunia yang berlawanan, yaitu OLDEFO (Old Established Forces), dan NEFO (New Emerging Forces), Indonesia membentuk Poros Jakarta-Peking dan Poros Jakarta-Phnompenh-Hanoi-Peking-Pyongyang yang membuat Indonesia termasuk dalam Negara Blok Timur, Konfrontasi dengan Malaysia yang berujung dengan keluarnya Indonesia dari PBB.

Apakah Komunisme Telah Mati?

Banyak orang yang mengira komunisme ‘mati’ dengan bubarnya Uni Soviet di tahun 1991, yang diawali dengan keputusan Presiden Mikhail Gorbachev. Namun komunisme yang murni belum pernah terwujud dan tak akan terwujud selama revolusi lahir dalam bentuk sosialisme (Uni Soviet dan negara-negara komunis lainnya). Dan walaupun komunis sosialis hampir punah, partai komunis tetap ada di seluruh dunia dan tetap aktif memperjuangkan hak-hak buruh, pelajar dan anti-imperialisme. Komunisme secara politis dan ekonomi telah dilakukan dalam berbagai komunitas, seperti Kepulauan Solentiname di Nikaragua.

Seperti yang digambarkan Anthony Giddens, komunisme dan sosialisme sebenarnya belum mati. Ia akan menjadi hantu yang ingin melenyapkan kapitalisme selamanya. Saat ini di banyak negara, komunisme berubah menjadi bentuk yang baru. Baik itu Kiri Baru ataupun komunisme khas seperti di Kuba dan Vietnam. Di negara-negara lain, komunisme masih ada di dalam masyarakat, namun kebanyakan dari mereka membentuk oposisi terhadap pemerintah yang berkuasa.

(SUMBER: http://id.wikipedia.org/wiki/Komunisme)
Share:

62 komentar:

  1. bang, mohon ijin.
    saya pernah liat postingan abang, yang soal mi tertulis, masih adakah bang? saya mau belajar hehehe, soalnya sempat liat tahun kemarin, kalau boleh, minta di email bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ijin menjawab

      soal mi masih ada, tapi saya simpan soalnya ada yang mengadu ke kodam dan saya di samperin oleh orang kodam untuk menyimpan itu data..
      kalau mau email aja,,nanti saya jabarin seperti apa aja

      sukses ya

      Hapus
    2. Ijin bang. Aku jg mau lah soal MI buat belajar.
      Tolong bang kirim kan jg di email aku.
      Sukrisno2@yahoo.com
      Sp tau aku ikut tes angkatan.

      Terimakasih bang

      Hapus
    3. Saya rajin liat blog abang Saya mau sih bang soalnya email abdansakura669@gmail.com

      Hapus
    4. Bang Minta soal Mi dong, riskyjohan99@gmail.com

      Hapus
    5. Bang aku juga kirimin soal mi nya
      Ariffiantoro08061999@gmail.com

      Hapus
    6. bang minta juga dong. tonlong kirimin via email.
      pure02081998@gmail.com

      Hapus
    7. Bang mohon izin
      Saya juga mau tolong kirimkan soal
      Mi nya kalau perlu yang ada bersangkutan dengar meliter
      Alamat email: notsabar3@gmail.com
      Demikian saya ucapkan terima kasih banyak

      Hapus
    8. Bang saya juga mau minta soal mi.nya kalo boleh. Email saya tulusilham17@gmail.com

      Hapus
    9. Mas saya kirimi juga dong di email saya iam.10eza@gmail.com atau rezaardiansyah734@gmail.com

      Hapus
  2. saya juga bisa minta gak bang? soal2 MI nya? mohon diemail ya ke riaalmayrissa@gmail.com terimakasih dan salam kenal.

    BalasHapus
  3. Saya juga minta bang soal MI nya, tolonh di email y bang
    Yogipratama041@gmail.com
    Terimakasih bang

    BalasHapus
  4. Mohon ijin
    saya juga minta dong soal MInya. Tolong di kirim ke email ya
    Baracuda1998.bc@gmail.com
    Terimakasih bang

    BalasHapus
  5. Mohon ijin bang, kalau berkenan boleh saya di kirim ke email saya egyprasetyaa@gmail.com . Terimakasih banyak sebelum nya bang

    BalasHapus
  6. mohon saya izin minta bang kalo di perbolehkan
    email saya
    asrent345@gmail.com

    BalasHapus
  7. Sore bang Richfister, saya juga minta contohnya ya bang, email saya muhammad.bakhtiar90@gmail.com
    Terima kasih....

    BalasHapus
  8. Siang Bang, kalau boleh saya juga mau minta cotohnya seperti apa bang soal MI nya. syifamayis19@gmail.com makasih bang semoga sukses selalu

    BalasHapus
  9. pagi bang, saya juga mau dikirim contoh soalnya, fauziahrahmi88@gmail.com. makasih sebelumnya bang..

    BalasHapus
  10. sore bang, kalau tidak keberatan saya juga minta tlg soal2 MI nya dikirim ke email saya amrinanurizzati@gmail.com, terimakasih semoga kebaikannya dibalas setimpal

    BalasHapus
  11. Makasih bang buat postingannya, sangat berguna buat saya dan pembaca lainnya.
    Saya tertarik dan ingin tahu lebih banyak tentang soal-soal MI, jika diperbolehkan mohon bantuannya bang kirim juga soal-soal MI ke email sitimasyitoh286@gmail.com
    Terimakasih banyak. Semoga berkah dunia dan akhirat.

    BalasHapus
  12. Teman2 ada yg mau berbagi ke email saya di dvardheoo@gmail.com

    BalasHapus
  13. Teman teman dan abang, boleh share untuk IM nya ke email yuliafadillah27@yahoo.com
    Terima kasihhh

    BalasHapus
  14. Izin bang boleh dong bang di share soal MI nya di madrein.sign75@gmail.com makasih bang moga sukses.

    BalasHapus
  15. Izin bang, boleh share soal MI nya ke email wwidiapd.widia@gmail.com terimakasih :D

    BalasHapus
  16. Menarik sekali bang blognya. Dapat pencerahan akhirnya. Boleh sekalian minta buat tes MI nya bang buat belajar. Hehe
    mca111195@gmail.com

    BalasHapus
  17. Bang boleh berbagi contoh MI ke email saya corneliuswichaksono@gmail.com
    Thx sebelumnya

    BalasHapus
  18. Ijin bang kalo boleh saya minta buat belajar..
    Email saya muhamadjakariaSH@gmail.com
    Sebelumnya saya mohon maaf apabila mengganggu abang.

    Saya ucapkan Terima kasih

    BalasHapus
  19. Ijin bang.. Saya bisa mnta buat belajar bang.. Email saya verbrimanuel@gmail.com
    Terimakasih bang

    BalasHapus
  20. ijin bang boleh share soal MI ke email harder.ivan@gmail.com. thankyou bg

    BalasHapus
  21. Ijin bang. Boleh saya minta contoh MI di krim ke email saya.
    Zaldee14592@gmail.com

    BalasHapus
  22. Semangat ya teman-teman yang akan tes MI tertulis untuk PAPK 2017 pada hari 7 November 2017

    sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang saya juga boleh minta soal MI ke saputridinnur@gmail.com. terimakasih

      Hapus
    2. bang tolong krim email saya kharis_salahuddin@yahoo.co.id

      Hapus
    3. Bang mohon bantuannya bang untuk soal MI bang..
      Makasih sebelumnya bang..
      Alamat email saya bang dcdese@alu.ucam.edu

      Hapus
    4. Permisi bang. Mohon izin. Jika berkenan bisa dikirimkan soal mi nya bang ke setiawanjoko240699@gmail.com untuk bahan belajar bang.. terima kasih sebelumnya bang. Sukses slalu dan semoga diberi kemudahan dlm urusannya. aamiin

      Hapus
  23. Luar biasa bang materinya...
    Saya juga mau dong mintak soal MI nya
    Neutron_arifin@yahoo.com

    Makasih banyak bang, sukses selalu...

    BalasHapus
  24. Khasuna90@gmail.com ini email saya bang

    BalasHapus
  25. Khasuna90@gmail.com ini email saya bang

    BalasHapus
  26. ijin share ke email saya bang achmadalfian24@gmail.com

    BalasHapus
  27. Bang boleh dikirim email saya farielamri@yahoo.com

    BalasHapus
  28. bang saya ijin d share jga ke email saya, karena saya akan melaksanakan tes pns kemenhan, ke email saya riyansyahriyo@gmail.com terimakasih bang sebelumnya,

    BalasHapus
  29. Bang boljug kirim ke jimborebels@gmail.com

    BalasHapus
  30. Bang mohon ijin share ke email saya rianadesiani4@gmail.com

    BalasHapus
  31. Trmksih atas postningannya,sangat membantu..
    Dan mnta bantuannya jga utk mngirimkn ke saya soal ttg MI nya bang buat saya pelajari utk masuk mnjdi anggota nanyi..
    Trmksih banyak,smga urusan abng dprmudhkn...aminnn
    Alamat email (ralmukarrom92@gmail.com)

    BalasHapus
  32. Share bang ke email saya
    hherzego@gmail.com

    BalasHapus
  33. Postingannya mantap bang.
    Kalau boleh, ijin minta soal ttg MI ke email saya trijs595@gmail.com
    Terima kasih bang..

    BalasHapus
  34. Bang kalo boleh , saya minta ijin juga kirimkan soal tentang MI ke email saya andretirma@gmail.com
    Thanks bang

    BalasHapus
  35. Bang aku juga kiriminn soal mi nya ariffiantoro08061999@gmail.com

    BalasHapus
  36. Izin bantu soal dan jawaban tes MI min..
    Ringga.andesbay@gmail.com

    BalasHapus
  37. Ijin min
    Boleh di kirim juga ke
    v.ardiansyah00@gmail.com
    Terima kasih:)

    BalasHapus
  38. Sangat bermanfaat.
    Ijin bang, kalo boleh minta soal mi nya buat bahan pembelajaran.
    Di friskameyda@gmail.com
    Terimakasihh :)

    BalasHapus
  39. Postingan yang sangat bermanfaat. Kalo boleh, saya mohon izin minta soal mi nya bang. Di devitasrjl@gmail.com. Terima kasih ;)

    BalasHapus
  40. Bang boleh minta soal MI. klo boleh di yusufmuh469@gmail.com

    BalasHapus
  41. Izin
    Mohon bantuannya
    afrizalsianipar@gmail.com

    BalasHapus
  42. Mohon izin bang, saya minta juga soal mi nya buat daftar tahun ini
    sulastrinovianti5@gmail.com email saya bang
    Terimakasih

    BalasHapus
  43. Mohon izin bang, saya minta juga soal mi nya buat daftar tahun ini
    sulastrinovianti5@gmail.com email saya bang
    Terimakasih

    BalasHapus
  44. Mohon izin bang, kalo boleh saya juga minta soal MI nya siapa tau bermanfaat untuk bahan pembelajaran
    iqbalramadan89@gmail.com

    BalasHapus
  45. Izin bg saya mau juga fadhilhabib71@gmail.com

    BalasHapus
  46. izin. saya minta jg dong bang soal MI nya. ini email saya:
    mahdiyusuf313@gmail.com

    BalasHapus
  47. trmaksih buat postingannya bg, Sekalian minta tolong dikirimin soal MI nya buat bahan persiapan mengikuti test nanti bg
    horas

    BalasHapus
  48. trmaksih buat postingannya bg, Sekalian minta tolong dikirimin soal MI nya buat bahan persiapan mengikuti test nanti bg
    horas

    Sam372gar@gmail.com

    BalasHapus
  49. trmaksih buat postingannya bg, Sekalian minta tolong dikirimin soal MI nya buat bahan persiapan mengikuti test nanti bg. Trims
    Faridalimaeden@gmail.com

    BalasHapus