Selasa, 25 September 2012

TRADISI KORPS PESTA AIR TARUNA AKMIL

ijin copas juga ya.. http://www.akmil.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=213:tradisi-korps-pesta-air-taruna-akmil&catid=1:latest-news&Itemid=1

TRADISI KORPS PESTA AIR TARUNA AKMIL

            Lembah Tidar (03/07). Rangkaian kegiatan Taruna TK IV Akmil menjelang selesainya pendidikan di Akademi Militer diantaranya Taruna melaksanakan Tradisi Korps pesta air, sebelumnya para Taruna telah melaksanakan kegiatan-kegiatan Tradisi Korps lainya. Dalam pelaksanaan pesta air tersebut dilaksanakan di lapangan Komplek Pancaarga dengan dihadiri oleh para Pejabat  Distribusi Akmil, Ketua Persit KCK Cabang BS Akmil dan para perwira serta pengasuh Taruna.
 DSC 0481
 Dalam sambutan Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Bachtiar S.I.P., M.A.P yang dibacakan oleh Pelaksana harian Gubernur Akmil Brigadir Jenderal TNI Istu Hari Subagio, S.E., M.B.A.  Air mempunyai fungsi dan manfaat serta karakteristik yang baik untuk digunakan dan dicontoh bagi kelangsungan kehidupan umat manusia, disamping itu air merupakan sumber kehidupan juga merupakan sarana untuk membersihkan diri dari berbagai noda. "Di dunia militer para ahli strategi mengungkapkan, bahwa strategi yang paling efektif dalam setiap peperangan adalah strategi yang meniru sifat-sifatnya air, yakni cepat beradaptasi menyesuaikan diri dengan bentuk-bentuk medan yang dihadapi”, ungkap Brigjen TNI Istu Hari.
Pepatah Cina kuno yang mengatakan, bahwa “biarkanlah hidup ini mengalir bagaikan air”, juga dapat kita pedomani, agar sukses dalam mengarungi kehidupan, begitu besarnya manfaat air bagi kehidupan umat manusia, sehingga Korps Taruna Akmil menjadikan Pesta Air sebagai Tradisi Korps Taruna, yang merupakan simbol yang penuh makna untuk membersihkan diri dari segala kekeliruan dan kekhilafan yang dilakukan oleh para Taruna Tingkat IV (Sermatutar) selama mengikuti pendidikan di Akademi Militer.
           DSC 0556
       Berdasarkan hal tersebut, maka Tradisi Korps Pesta Air ini bernilai positif karena sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Saptamarga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI, yang berorientasi kepada terwujudnya jiwa yang bersih, tulus dan ikhlas. Nilai-nilai tersebut selanjutnya perlu diamalkan, baik melalui sikap, perilaku, maupun ucapan. Perlu disadari, bahwa saat ini bangsa dan negara membutuhkan Perwira-perwira TNI yang tidak hanya profesional, tetapi juga memiliki jiwa kejuangan, berkarakter dan mempunyai moral yang baik, serta bersih dan jernih bagaikan air.
      Dengan demikian, saat Taruna nanti menjadi seorang pemimpin, diharapkan akan dapat melaksanakan tugas dengan baik, tidak menyimpang dari aturan hukum yang berlaku, serta senantiasa mengutamakan moral dengan dilandasi keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat dijadikan tolok ukur dan contoh panutan bagi anak buah maupun masyarakat di lingkungan Taruna nantinya bertugas. Gubernur berharap agar Taruna   tidak   hanya   sekedar berbasah-basah ria semata, akan tetapi harus dapat meresapi, serta mengamalkan makna dan harapan yang terkandung dalam kegiatan Tradisi Korps Pesta Air tersebut.
      Gubernur Akmil berpesan “Tanamkan keyakinan pada diri kalian, bahwa kalian akan mampu menjadi Perwira TNI Angkatan Darat yang bersih, jujur, dan berakhlak mulia yang mengabdikan dengan jiwa dan raganya demi kepentingan negara dan bangsa”.
Share:

0 comments:

Posting Komentar